Organic

Mira Malviani, SP Sebagai Juara 1 PPL Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Melaju ke Tingkat Nasional

  • By
  • JUN

    23

    Mira Malviani, SP. PPL Kec. Sluke sukses melaju ke tingkat Nasional sebagai juara 1 PPL teladan tingkat provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Mira Malviani, SP dilahirkan di kota Rembang pada tanggal 21 Mei 1982. Memulai karir dibidang penyuluhan pertanian pada tahun 2010 sebagai Capeg (CPNS) di Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertania, Perikanan dan Kehutanan (BKP dan P4K) Kabupaten Rembang dan pada tahun 2012 diangkat menjadi PNS dengan jabatan sebagai Penyuluh Pertanian Pertama dengan pangkat Penata Muda / IIIa.

    Sebagai seorang penyuluh pertanian yang dituntut untuk berdedikasi tinggi dan profesional, maka Mira Malviani berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan tugas pokok dab fungsi sebagai penyuluh pertanian antara lain : Kegiatan Persiapan Penyuluhan Pertanian berupa Identifikasi Potensi Wilayah, Programa Penyuluhan Pertanian, Penyusunan Rencana Kerja Penyuluhan Pertanian. Selama 3 tahun terakhir (2016-2018) , peningkatan produksi yang cukup signifikan dapat diperoleh oleh WKPP binaan Mira Malviani, SP. Hal tersebut seiring dengan Progam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai.

    Adapun Kegiatan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian yang dilaksankan meliputi Penyusunan Materi Penyuluhan Pertanian Perencanaan, Penerapan Metode Penyuluhan Pertanian (Kunjungan kelompok, Uji coba lapangan, melaksanakan kegiatan temu-temuan dan demplot, memberikan pelatihan melalui kursus tani, meningkatkan kelas kelompok dan memfasilitasi terjalinnya kemitraan usaha petani). Dalam rangka menjalin kemitraan usaha tani, Mira Malviani, SP salah satu yang telah dilaksankan adalah menjalin kemitraan dengan CSR PT. UPJ PJB O&M PLTU Rembang.

    Selanjutnya Mira Malviani, SP juga melaksanakan kegiatan evaluasi pelaksanaan dan dampak penyuluhan pertanian dalam kegiatannya. Guna menguatkan pelaksanaan kegiatan yang di lakukannya Mira Malviani, SP juga menyususn Juklak/Juknis sebagai pedoman dalam membina dan mendampingi kegiatan kelompok.

    Sebagai seorang penyuluh pertanian , profesionalitas sangat di butuhkan,. Dalam rangka pengembangan profesi yang di laksanakan, Mira Malviani, SP telah membuat beberapa makalah/artikel, buku, dan saduran maupun terjemahan dari beberapa literature bidang pertanian. Selain itu dalam rangka mendampingan yang baik kepada kelompok baik secara perorangan maupun kelompok, Mira Malviani, SP juga memberikan konsultasi kepada petani sebagai bagian dari dedikasi dan tanggung jawab sebagai Penyuluh Pertanian Lapngan.

    Salah satu komoditas unggulan yang berhasil dikembangkan oleh Mira Malviani, SP di wilayah binaannya adalah bunga kol dataran rendah yang tumbuh dengan baik di wilayah pesisir pantai utara. Selain itu beberapa inovasi yang sudah di kembangan oleh Mira Malviani, SP, salah satunya adalah pembuatan Pupuk Organik Cair  MOL Cangkang Rajungan yang merupakan salah satu limbah di pesisir pantai utara Kecamatan Sluke.

    Dalam upaya mengenalkan dunia pertanian ke generasi muda serta memupuk rasa cinta pada alam , Mira Malviani, SP dalam tugasnya selama di wilayah kerja Kecamatan Sluke 3 tahun terakhir sudah melaksanakan kegiatan Edu Farm Kebun Sekolah bagi siswa-siswi Sekolah Dasar di Kecamatan Sluke.

    Selama bertugas menjadi penyuluh pertanian lapangan, Mira Malviani, SP sudah berhasil mengukir prestasi baik yang bersifat personal sebagai Penyuluh Pertanian berprestasi maupun prestasi dari kelompok yang di binanya melalui beberapa event yang di ikuti :

    1. Sebagai Penyuluh Teladan Tk. Kabupaten Rembang 2018
    2. Juara II Stan terbaik Rembang Agro Expo 2018
    3. Jaura 3 Lomba Menagkai Toga Rembang Agro Expo 2018
    4. Juara Harapan 2 Kreasi olahan pangan Kue kering Rembang Agro Expo 2018

    Penyuluh Sahabat Petani, merupakan motivasi yang ada pada diri seorang Mira Malviani, SP yang dalam berjalanan kariernya masih akan terus berusaha menjadi lebih baik untuk memberikan yang terbaik pula untuk para petani yang di damping dan dibinanya. Demikian sekilas gambaran profil Mira Malviani, SP sebagai penyuluh pertanian lapangan. Semoga menjadi inspirasi kita semua.

    Leave A Comment

      Recent Posts
    Top