Organic

Berkah Ramadhan Bagi Petani Blewah

  • By
  • JUN

    23


    Marsam Hadimulyono. SP. Koordinator PPL Kec. Sluke Kunjungan wilayah binaan

    Rembang Kecamatan Sluke, Marsam Hadimulyono. SP. Koordinator PPL Kec. Sluke Bulan Ramadhan ini membawa berkah tersendiri buat para petani blewah di daerah Binaannya. Komoditas buah yang paling banyak dicari pembeli salah satunya adalah buah blewah, Membuat jumlah permintaan komoditas ini meningkat dibulan puasa. Jumlah permintaan untuk buah ini meningkat 2-4 kali lipat dari biasanya.

    Di Kecamatan Sluke sendiri mempunyai luas panen 46 Ha dengan produksi 10.112 Kw . dikarenakan Banyaknya permintaan membuat buah ini mengalami kenaik harga dari hari-hari biasanya. Buah Blewah yang biasanya dijual Rp 4.000/kg di hari biasa, saat bulan puasa dijual Rp 6.000-7000/kg.  Di Kecamatan Sluke produksi blewah selain untuk memenuhi permintaan  dalam daerah juga untuk memenuhi permintaan pasar di Jakarta.

    Buah blewah memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan. Blewah merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh dan berproduksi baik pada wilayah antara 0 – 400 meter diatas permukaan laut (mdpl). Sehingga sangat potensial besar untuk dapat dikembangkan di Kabupaten Rembang. Blewah sebenarnya bukan merupakan jenis tanaman musiman, blewah dapat ditanam kapanpun asal syarat tumbuhnya terpenuhi. Tanaman ini dapat budidayakan sacara bergantian dengan tanaman padi. Dengan cendrungnya mengalami kenaikan permintaan pasar diharapkan petani dapat melirik komoditas ini untuk meningkatkan penghasilan.

    Leave A Comment

      Recent Posts
    Top